Tito Karnavian Resmi Menjabat Menteri RI 2019-2024

Jabatan Baru Tito Karnavian Resmi Menjadi Menteri Dalam Negeri RI 2019-2024
Tito Karnavian Resmi Menjadi Menteri Dalam Negeri RI 2019-2024 (Foto:Kompas.com)
BangSiagian.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memperkenalkan eks Kapolri, Tito Karnavian sebagai Menteri Dalam Negeri (Mendagri) untuk Kabinet Indonesia Maju, Rabu (23/10/2019).

Jokowi berharap Tito mampu melakukan reformasi dan sinergi antarpemerintah daerah dalam menjalankan roda pemerintahan periode keduanya. Salah satunya persoalan e-KTP.

"Kemudian Tito Karnavian sebagai Menteri Dalam Negeri. Reformasi dan sinergi pemerintah daerah berada di kewenangan beliau," tutur Jokowi saat memperkenalkan para menteri Kabinet Indonesia Maju di Kompleks Istana, Jakarta, Rabu (23/10/2019).

Baca Juga: Daftar Lengkap Nama-Nama Menteri Kabinet Indonesia Maju 2019-2024 Presiden Jokowi

Tito sebelumnya telah mengundurkan diri sebagai Kapolri. Pimpinan DPR baru menerima surat presiden terkait pemberhentian Tito pada siang (22/10).

Sesuai Undang-undang Nomor 2 tahun 2002 tentang Kepolisian RI, Tito tak diperbolehkan untuk rangkap jabatan sesuai regulasi yang berlaku.

"Kemudian beliau [Tito] menyampaikan surat terkait penugasan lain kepada Kapolri dan tentu saja surat pengunduran diri dari kapolri yang menyatakan beliau meminta mengundurkan diri sebagai anggota Polri dan sebagai Kapolri," kata Ketua DPR Puan Maharani, kemarin.

Baca Juga: Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto Resmi Manjabat Menteri Pertahanan RI 2019-2024

Selain itu, Tito sempat bercerita kepada Puan terkait amanah jabatan baru yang akan diberikan dari Presiden Jokowi terhadap dirinya. Meski demikian, Puan enggan membeberkan jabatan baru Tito tersebut dan menyarankan untuk menunggu pengumuman Jokowi esok hari.

"Tadi saya menerima Kapolri dan beliau menyampaikan diberikan amanah baru di pemerintahan namun apa kita lihat saja besok, kan besok pelantikan," kata dia.

Baca Juga: Mantan Founder dan CEO GOJEK Nadiem Makarim Resmi Menjabat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI 2019-2024

Tito Karnavian sebelumnya turut menjadi salah satu orang yang merapat ke Istana pada Senin (21/10/2019). Namun demikian, saat itu Tito yang mengenakan seragam lengkap Polri--bukan kemeja putih. Tito mengatakan pertemuannya dengan Jokowi hari itu lebih membahas evaluasi pengamanan hari pelantikan Presiden dan Wakil Presiden pada 20 Oktober.

Tito Karnavian resmi dilantik menjadi Menteri Dalam Negeri RI 2019-2024 bersama menteri lainnya di Istana Negara,Selasa (23/10/2019) oleh Presiden RI Joko Widodo.[CNNIndonesia]

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel